W3C
Dokumen ini adalah terjemahan dari "OWL 2 Web Ontology Language" dan mungkin terdapat kesalahan penerjemahan.
Dokumen aslinya dapat di temukan di link berikut: http://www.w3.org/TR/owl2-overview/
Penerjemah: Syarif Achmad

Bahasa Ontologi Web OWL 2
Dokumen Ikhtisar

Rekomendasi W3C 27 Oktober 2009

Versi Ini:
http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-overview-20091027/
Versi Terakhir (seri 2):
http://www.w3.org/TR/owl2-overview/
Rekomendasi Terakhir:
http://www.w3.org/TR/owl-overview
Versi Sebelumnya:
http://www.w3.org/TR/2009/PR-owl2-overview-20090922/ (color-coded diff)
Editor:
Kelompok Kerja W3C OWL (see Ucapan Terima Kasih)

Silakan merujuk ke errata untuk dokumen ini, yang bisa berisi beberapa koreksi normatif.

Dokumen ini juga tersedia dalam format non-normatif berikut: Versi PDF.

Lihat juga terjemahan.


Abstract

Bahasa Ontologi Web, informalnya OWL 2, adalah bahasa ontologi untuk Semantik Web yang diartikan secara formal. Ontologi OWL 2 menyediakan kelas, sifat, individu, dan nilai-nilai data yang disimpan sebagai dokumen Semantik Web. Ontologi OWL 2 dapat digunakan bersama dengan informasi yang tertulis dalam RDF, dan ontologi OWL 2 itu sendiri utamanya dipertukarkan sebagai dokumen RDF.

Dokumen ini berfungsi sebagai pengantar kepada OWL 2 dan berbagai dokumen OWL 2 lainnya. Dokumen ini menjelaskan tentang sintaks untuk OWL 2, berbagai jenis semantik, profil-profil yang tersedia (sub-bahasa), dan hubungan antara OWL 1 dan OWL 2.

Status Dokumen Ini

Mungkin Akan Diganti

Bagian ini menjelaskan status dokumen ini pada saat penerbitan. Dokumen-dokumen lain bisa saja menggantikan dokumen ini. Sebuah daftar publikasi terakhir W3C dan revisi terbaru dari laporan teknis ini dapat ditemukan pada indeks laporan teknis W3C di http://www.w3.org/TR/.

Ketergantungan terhadap Tipe Data Skema XML

OWL 2 didefinisikan untuk menggunakan tipe data yang didefinisikan dalam Bahasa Definisi Skema XML (XML Schema Definition Language/XSD). Pada saat penulisan ini, rekomendasi W3C terbaru untuk XSD adalah versi 1.0, dengan versi 1.1 sedang dalam proses rekomendasi. OWL 2 telah dirancang untuk mengambil kelebihan dari tipe data baru tersebut dan penjelasan yang lebih jelas tersedia di XSD 1.1, tetapi untuk saat ini keuntungan tersebut sedang ditahan. Secara khusus, sampai XSD 1.1 menjadi Rekomendasi W3C, unsur-unsur OWL 2 yang didasarkan padanya harus dianggap sebagai pilihan, seperti yang dijelaskan dalam Kesesuaian, bagian 2.3. Setelah XSD 1.1 dipublikasikan sebagai Rekomendasi W3C, elemen-elemen tersebut akan berhenti menjadi pilihan dan harus dianggap wajib, kecuali dinyatakan secara khusus.

Kami menyarankan bahwa untuk saat ini pengembang dan pengguna mengikuti Calon Rekomendasi XSD 1.1. Berdasarkan diskusi antara Skema dan Kelompok Kerja OWL, kami tidak mengharapkan diperlukannya perubahan pada saat XSD 1.1 Rekomendasi diimplementasikan.

Dokumen Tidak Berubah

Tidak ada perubahan pada tubuh dokumen ini sejak versi sebelumnya. Untuk rincian tentang perubahan sebelumnya, lihat log perubahan.

Silahkan Kirim Komentar

Silahkan mengirim komentar ke public-owl-comments@w3.org (arsip publik). Walaupun pekerjaan pada dokumen ini oleh Kelompok Kerja OWL telah selesai, komentar dapat disampaikan pada errata atau pada revisi masa depan. Diskusi terbuka di antara para pengembang dipersilakan di public-owl-dev@w3.org (arsip publik).

Dukungan oleh W3C

Dokumen ini telah ditinjau oleh Anggota W3C, oleh pengembang perangkat lunak, dan oleh kelompok W3C lain dan pihak yang berkepentingan, dan disahkan oleh Direktur sebagai Rekomendasi W3C. Ini merupakan dokumen yang stabil dan dapat digunakan sebagai bahan referensi atau dikutip dari dokumen lain. Peran W3C dalam membuat Rekomendasi ini adalah untuk menarik perhatian spesifikasi tersebut dan untuk mempromosikan penyebarannya secara luas. Hal ini meningkatkan fungsionalitas dan interoperabilitas dari Web.

Paten

Dokumen ini diproduksi oleh kelompok yang beroperasi di bawah Kebijakan Paten W3C 5 Februari 2004. Dokumen ini hanya informatif saja. W3C menyimpan daftar umum paten terbuka yang dibuat sehubungan dengan hasil kelompok tersebut; halaman tersebut juga berisi petunjuk untuk mengungkapkan hak paten.


Daftar Isi

 

1 Pendahuluan

Dokumen ini memberikan gambaran tingkat tinggi non-normatif dari Bahasa Ontologi Web OWL dan berfungsi sebagai peta jalan untuk dokumen yang mendefinisikan dan menggambarkan OWL 2.

Ontologi adalah kosakata istilah yang formal, seringkali mencakup sebuah domain tertentu dan dibagi oleh komunitas pengguna. Mereka menentukan definisi istilah dengan menjelaskan hubungan mereka dengan istilah lain dalam ontologi. OWL 2 adalah perluasan dan revisi dari Bahasa Ontologi Web OWL yang dikembangkan oleh Kelompok Kerja Ontologi Web W3C dan diterbitkan tahun 2004 (selanjutnya disebut sebagai "OWL 1"). OWL 2 sedang dikembangkan (dan dokumen ini ditulis) dengan kelompok selanjutnya, Kelompok Kerja OWL W3C. Seperti halnya OWL 1, OWL 2 dirancang untuk memfasilitasi pengembangan dan pembagian ontologi melalui Web, dengan tujuan akhir untuk membuat konten web lebih mudah diakses oleh mesin.

2 Ikhtisar

Gambar 1 memberikan gambaran dari bahasa OWL 2, menunjukkan blok utama bangunan dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Elips yang berada di tengah menggambarkan lambang abstrak dari ontologi, yang dapat dianggap baik sebagai sebuah struktur abstrak atau sebagai grafik RDF (lihat 2.1 Ontologi). Gambar di bagian atas adalah berbagai sintaks nyata (lihat 2.2 Sintaks) yang dapat digunakan untuk menyerialkan dan menukarkan ontologi. Di bagian bawah adalah dua spesifikasi semantik yang mendefinisikan arti dari OWL 2 ontologi (lihat 2.3 Semantik).

Sebagian besar pengguna OWL 2 akan hanya perlu satu sintaks dan satu semantik; bagi mereka, diagram ini akan jauh lebih sederhana, dengan hanya satu sintaks mereka di atas, satu semantik mereka di bagian bawah, dan jarang membutuhkan untuk melihat apa yang ada di dalam elips di tengah.

Diagram yang menunjukkan bahwa setiap peta sintaks ke/dari ontologi dan ontologi mempunyai dua semantik
Gambar 1. Struktur OWL 2

 

2.1 Ontologi

Struktur konseptual ontologi OWL 2 didefinisikan dalam dokumen Struktur Spesifikasi OWL 2 [OWL 2 Structural Specification]. Dokumen ini menggunakan UML [UML] untuk menentukan elemen struktur yang tersedia di OWL 2, menjelaskan peran dan fungsi dalam istilah abstrak dan tanpa referensi ke sintaks tertentu. Hal ini juga mendefinisikan sintaks gaya-fungsional, yang secara erat mengikuti spesifikasi struktural dan memungkinkan ontologi OWL 2 ditulis dalam bentuk yang kompak.

Setiap ontologi OWL 2 juga dapat dilihat sebagai sebuah grafik RDF. Hubungan antara kedua pandangan ini ditentukan oleh Pemetaan ke dokumen RDF Grafik [OWL 2 RDF Mapping], yang mendefinisikan pemetaan dari bentuk struktural ke bentuk grafik RDF, dan sebaliknya. Panduan Referensi Cepat OWL 2 [OWL 2 Quick Guide] memberikan gambaran sederhana dari dua pandangan OWL 2, diletakkan secara berdampingan.

2.2 Sintaks

Dalam prakteknya, sebuah sintaks nyata diperlukan dalam rangka untuk menyimpan ontologi OWL 2 dan pertukaran mereka di antara alat dan aplikasi. Sintaks tukar utama untuk OWL 2 adalah RDF / XML [RDF Syntax], ini memang hanya sintaks yang harus didukung oleh semua alat OWL 2 (lihat Bagian 2.1 dari dokumen Kesesuaian OWL 2 [OWL 2 Conformance]).

Sementara RDF / XML menyediakan untuk interoperabilitas antara alat OWL 2, sintaks nyata lainnya juga dapat digunakan. Ini termasuk alternatif RDF serializations, seperti Turtle [Turtle], sebuah serialisasi XML [OWL 2 XML], dan sintaks yang lebih "dapat dibaca", yang disebut Sintaks Manchester [OWL 2 Manchester Syntax], yang digunakan dalam beberapa alat editing ontologi. Akhirnya, sintaks gaya-fungsional dapat juga digunakan untuk serialisasi, meskipun tujuan utamanya adalah menentukan struktur dari bahasa tersebut [OWL 2 Structural Specification].

 

Nama Sintaks Spesifikasi Status Kegunaan
RDF/XML Pemetaan ke Grafik RDF,
RDF/XML
Wajib Pertukaran (dapat ditulis and dibaca oleh semua perangkat lunak yang cocok dengan OWL 2)
OWL/XML Serialisasi XML Pilihan Lebih mudah untuk memproses dengan menggunakan alat XML
Sintaks Fungsional Spesifikasi Struktural Pilihan Lebih mudah untuk melihat struktur formal dari ontologi
Sintaks Manchester Sintaks Manchester Pilihan Lebih mudah untuk membaca/menulis ontologi DL
Turtle Pemetaan ke grafik RDF,
Turtle
Pilihan. Bukan dari Kelompok Kerja OWL Lebih mudah untuk membaca/menulis Triple RDF

2.3 Semantik

Dokumen Spesifikasi Struktural OWL 2 mendefinisikan struktur abstrak ontologi OWL 2, tetapi dia tidak mendefinisikan artinya. Semantik Langsung [OWL 2 Direct Semantics] dan Semantik Berbasis RDF [OWL 2 RDF-Based Semantics] menyediakan dua cara alternatif untuk memberikan arti kepada ontologi OWL 2, dengan suatu teorema korespondensi yang menyediakan hubungan antara keduanya. Kedua semantik ini digunakan oleh seseorang dan alat-alat lain, misalnya, untuk menjawab konsistensi kelas, subsumption dan pengambilan pertanyaan contoh.

Semantik langsung tersebut memberikan arti langsung ke struktur ontologi, menghasilkan semantik yang kompatibel dengan teori semantik dari logika deskripsi SROIQ-sebuah fragmen dari logika aturan pertama dengan sifat komputasi berguna. Keuntungan dari hubungan dekat adalah bahwa literatur logika deskripsi yang luas dan pengalaman implementasi dapat langsung dimanfaatkan oleh OWL 2 alat. Namun, beberapa kondisi harus ditempatkan pada struktur ontologi dalam rangka untuk memastikan bahwa mereka dapat diterjemahkan ke dalam basis pengetahuan SROIQ, misalnya, sifat transitif tidak dapat digunakan dalam pembatasan angka (lihat Bagian 3 dari OWL 2 dokumen Struktural Spesifikasi [OWL 2 Structural Specification] untuk daftar lengkap dari kondisi tersebut). Ontologi yang memenuhi kondisi-kondisi sintaksis disebut ontologi OWL 2 DL. "OWL 2 DL" digunakan secara informal untuk merujuk pada ontologi OWL 2 yang diinterpretasikan dengan menggunakan Semantik Langsung [OWL 2 Direct Semantics].

Semantik berbasis RDF tersebut [OWL 2 RDF-Based Semantics] memberikan arti langsung untuk grafik RDF dan secara tidak langsung kepada struktur ontologi melalui pemetaan kepada grafik RDF. Semantik Berbasis RDF sepenuhnya kompatibel dengan Semantik RDF Semantik [RDF Semantics], dan memperluas kondisi semantik yang ditetapkan untuk RDF. Semantik Berbasis RDF dapat diterapkan kepada setiap Ontologi OWL 2, tanpa pembatasan, karena setiap Ontologi OWL 2 dapat dipetakan ke RDF. "OWL 2 Penuh" digunakan secara tidak formal untuk merujuk kepada grafik RDF yang dianggap sebagai ontologi OWL 2 dan ditafsirkan dengan menggunakan Semantik Berbasis RDF.

Teorema korespondensi dalam Bagian 7.2 dari Dokumen Semantik Berbasis RDF [OWL 2 RDF-Based Semantics]) mendefinisikan hubungan erat antara yang langsung dan Semantik Berbasis RDF secara tepat. Teorema ini menyatakan, pada intinya, yang ontologi OWL 2 DL yang diberikan, kesimpulan diambil menggunakan Semantik langsung akan tetap berlaku apabila ontologi yang dipetakan ke grafik RDF dan ditafsirkan dengan menggunakan RDF Berbasis Semantik.

2.4 Profil

Profil OWL 2 [OWL 2 Profiles] adalah sub-bahasa (bagian dari sintaktis) dari OWL 2 yang menawarkan kelebihan utama dalam skenario aplikasi tertentu. Tiga profil berbeda yang didefinisikan: OWL 2 EL, OWL 2 QL, dan OWL 2 RL. Setiap profil didefinisikan sebagai pembatasan sintaks dari Spesifikasi Struktural OWL 2, yaitu sebagai bagian dari elemen struktural yang dapat digunakan dalam ontologi yang sesuai, dan masing-masing lebih terbatas daripada OWL DL. Setiap profil memberikan kelebihan dan kekurangan dari berbagai aspek kekuatan ekspresif OWL sebagai imbalan manfaat komputasi dan / atau keuntungan implementasi.

OWL 2 EL memungkinkan algoritma waktu polinomial untuk semua tugas penalaran standar; itu sangat cocok untuk aplikasi dimana ontologi yang sangat besar dibutuhkan, dan di mana kekuatan ekspresif dapat dipertukarkan untuk menjamin kinerja. OWL 2 QL memungkinkan query kata penghubung untuk dijawab dalam LogSpace (lebih tepatnya, AC0) menggunakan teknologi database relasional standar; itu sangat cocok untuk aplikasi dimana ontologi yang relatif ringan digunakan untuk mengatur sejumlah besar individu dan dimana ia bermanfaat atau diperlukan untuk mengakses data secara langsung melalui query relasional (misalnya, SQL). OWL 2 RL memungkinkan penerapan algoritma penalaran waktu polinomial menggunakan teknologi database aturan-diperpanjang yang beroperasi langsung pada triple RDF, hal itu sangat cocok untuk aplikasi dimana ontologi yang relatif ringan digunakan untuk mengatur sejumlah besar individu dan dimana ia bermanfaat atau diperlukan untuk mengoperasikan langsung pada data dalam bentuk tiga kali lipat RDF.

Setiap OWL 2 EL, QL atau ontologi RL, tentu saja, juga merupakan ontologi OWL 2 dan dapat diinterpretasikan dengan menggunakan baik langsung atau Semantik Berbasis RDF. Bila menggunakan OWL 2 RL, suatu implementasi berbasis aturan dapat beroperasi langsung pada tiga kali lipat RDF sehingga dapat diterapkan ke sebarang grafik RDF, yaitu, untuk setiap ontologi OWL 2. Dalam hal ini, penalaran akan selalu terdengar (yaitu, hanya jawaban yang benar terhadap pertanyaan akan dihitung), tetapi hal itu mungkin tidak lengkap (yaitu, tidak menjamin bahwa semua jawaban yang benar terhadap pertanyaan akan dihitung). Teorema PR1 dari profile dari status dokumen, bagaimanapun, bahwa (secara umum) ketika ontologi konsisten dengan definisi struktural OWL 2 RL, suatu implementasi berbasis aturan yang cocok melakukan query atom dasar akan baik bersuara dan lengkap.

3 Hubungan dengan OWL 1

OWL 2 memiliki struktur keseluruhan sangat mirip dengan OWL 1. Melihat pada Gambar 1, hampir semua blok gambar dari OWL 2 hadir di OWL 1, meskipun mungkin dengan nama yang berbeda.

Peran sentral RDF / XML, peran sintaks lainnya, dan hubungan antara semantik langsung dan Berbasis RDF (yaitu, teorema korespondensi) tidak berubah. Lebih penting lagi, kompatibilitas mundur dengan OWL 1, untuk semua maksud dan tujuan, lengkap: semua ontologi OWL 1 tetap berlaku di ontologi OWL 2, dengan kesimpulan identik dalam semua kasus praktis (lihat Bagian 4.2 dari Fitur Baru dan Dasar Pemikiran OWL 2 [OWL 2 New Features and Rationale]).

OWL 2 menambahkan fungsi baru sehubungan dengan OWL 1. Beberapa fitur baru adalah gula sintaksis (misalnya, menguraikan persatuan kelas) sementara yang lain menawarkan ekspressivitas baru, termasuk:

OWL 2 juga mendefinisikan tiga profil baru [OWL 2 Profiles] dan sintaks baru [OWL 2 Manchester Syntax]. Selain itu, beberapa pembatasan yang berlaku untuk OWL DL telah dihilangkan, sebagai hasilnya, himpunan Grafik RDF yang dapat ditangani oleh Logika Deskripsi seseorang sedikit lebih besar dalam OWL 2.

Semua di atas adalah didokumentasikan secara rinci dalam Fitur Baru OWL 2 dan dokumen Dasar Pemikiran [OWL 2 NewFeatures and Rationale]. Panduan Referensi Cepat OWL 2 [OWL 2 Quick Guide] juga memberikan gambaran fitur dari OWL 2, dengan jelas menunjukkan fitur-fitur baru tersebut.

4 Peta Jalan Dokumentasi

Bahasa ontologi OWL 2 secara normatif didefinisikan oleh lima dokumen spesifikasi inti yang mendeskripsikan struktur konseptual, sintaks pertukaran primer (RDF / XML), dua semantik alternatif (langsung dan Berbasis RDF), dan kesesuaian persyaratan. Tiga dokumen spesifikasi tambahan yang menjelaskan fitur opsional yang mungkin didukung oleh beberapa implementasi: profil bahasa, dan dua sintaks nyata alternatif (OWL / XML dan Manchester). 

Dokumen-dokumen ini, bagaimanapun, semua agak teknis dan terutama ditujukan pada orang yang mengimplementasikan OWL 2 dan pengembang alat. Mereka yang mencari panduan yang lebih mendekati fitur dan penggunaan OWL 2 dapat memilih untuk berkonsultasi dengan salah satu dokumen pengguna (Primer, Fitur Baru dan Dasar Pemikiran, dan Referensi Panduan Cepat).

 

Bagian Jenis Dokumen
1 Untuk Pengguna Ikhtisar Dokumen. Ikhtisar Dokumen. Sebuah gambaran singkat dari spesifikasi 2 OWL yang meliputi penjelasan tentang hubungannya dengan OWL 1. Ini adalah titik awal dan titik acuan utama untuk OWL 2.
2 Spesifikasi Inti Spesifikasi Struktural dan Sintaks Gaya-Fungsional mendefinisikan konstruksi ontologi OWL 2 baik dari segi struktur dan gaya-fungsional sintaks, dan mendefinisikan ontologi OWL 2 DL dalam hal pembatasan global pada ontologi OWL 2.
3 Spesifikasi Inti Pemetaan ke Grafik RDF mendefinisikan pemetaan konstruksi OWL 2 ke grafik RDF, dan dengan demikian mendefinisikan alat utama pertukaran ontologi OWL 2 dalam Semantik Web.
4 Spesifikasi Inti Semantik Langsung Semantik langsung mendefinisikan arti dari OWL 2 ontologi dalam kaitannya dengan semantik teori-model.
5 Spesifikasi Inti Semantik Berbasis RDF mendefinisikan arti dari ontologi OWL 2 melalui ekstensi dari Semantik RDF.
6 Spesifikasi Inti Kesesuaian memberi persyaratan bagi peralatan OWL 2 dan satu set uji kasus untuk membantu menentukan kesesuaian.
7 Spesifikasi Profil mendefinisikan tiga sub-bahasa dari OWL 2 yang menawarkan kelebihan penting dalam skenario aplikasi tertentu.
8 Untuk Pengguna OWL 2 Primer memberikan pengenalan yang mudah dipahami untuk OWL 2, termasuk orientasi bagi mereka yang berasal dari disiplin lain.
9 Untuk Pengguna Fitur Baru dan Dasar Pemikiran OWL 2 memberikan gambaran tentang fitur utama yang baru dari OWL 2 dan alasan dimasukkannya mereka dalam bahasa tersebut.
10 Untuk Pengguna Panduan Referensi Cepat OWL 2 memberikan panduan singkat ke konstruksi OWL 2, mencatat perubahan dari OWL 1.
11 Spesifikasi Serialisasi XML mendefinisikan sintaks XML untuk pertukaran ontologi OWL 2, cocok untuk digunakan dengan alat XML seperti editor berbasis skema XQuery / XPath.
12 Spesifikasi Sintaks Manchester (Catatan WG) mendefinisikan sintaks yang mudah dibaca, tapi kurang formal, untuk OWL 2 yang digunakan dalam beberapa alat antarmuka pengguna OWL 2 dan juga digunakan dalam Primer..
13 Spesifikasi Data Range Extension: Linear Equations (Catatan WG) menentukan perluasan opsional untuk OWL 2 yang mendukung kendala lanjut pada nilai-nilai properti.

5 Lampiran: Perubahan Log (Informatif)

5.1 Perubahan Sejak Usulan Rekomendasi

Tidak ada perubahan telah dilakukan untuk dokumen ini sejak Usulan Rekomendasi 22 September, 2009.

5.2 Perubahan Sejak Panggilan Terakhir

Bagian ini merangkum perubahan pada dokumen ini sejak Draft Panggilan Kerja Terakhir 11 Juni 2009.

6 Ucapan Terima Kasih

Titik awal untuk pengembangan OWL 2 adalah pengajuan anggota OWL1.1, itu sendiri adalah hasil dari umpan balik pengguna dan pengembang, dan khususnya informasi yang dikumpulkan selama seri Workshop Pengalaman dan Arah OWL (OWLED). Kelompok kerja juga dianggap masalah yang tertunda dari Kelompok Kerja WebOnt.

Dokumen ini telah dibuat oleh Kelompok Kerja OWL (lihat di bawah), dan isinya mencerminkan diskusi yang ekstensif dalam Kelompok Kerja secara keseluruhan. Para editor mengucapkan terima kasih khusus untuk Ivan Herman (W3C/ERCIM), Ian Horrocks (Universitas Oxford) dan Peter F. Patel-Schneider (Bell Labs Research, Alcatel-Lucent) untuk tinjauan menyeluruh mereka.

Para peserta reguler di pertemuan Kelompok Kerja OWL pada saat publikasi dokumen ini adalah: Jie Bao (RPI), Diego Calvanese (Free University of Bozen-Bolzano), Bernardo Cuenca Grau (Oxford University Computing Laboratory), Martin Dzbor ( Open University), Achille Fokoue (IBM Corporation), Golbreich Christine (Université de Versailles St-Quentin dan LIRMM), Sandro Hawke (W3C/MIT), Ivan Herman (W3C/ERCIM), Hoekstra Rinke (University of Amsterdam), Horrocks Ian (Laboratorium Komputasi Universitas Oxford), Kendall Elisa (Perangkat Lunak Sandpiper), Krötzsch Markus (FZI), Carsten Lutz (Universität Bremen), Deborah L. McGuiness (RPI), Boris Motik (Laboratorium Komputasi Universitas Oxford), Jeff Pan (University of Aberdeen ), Bijan Parsia (University of Manchester), Peter F. Patel-Schneider (Bell Labs Research, Alcatel-Lucent), Sebastian Rudolph (FZI), Alan Ruttenberg (bebas Science), Uli Sattler (University of Manchester), Michael Schneider ( FZI), Mike Smith (Clark & Parsia), Evan Wallace (NIST), Wu Zhe (Oracle Corporation), dan Antoine Zimmermann (Galway Deri). Kami juga mengucapkan terima kasih kepada anggota lama dari kelompok kerja: Jeremy Carroll, Jim Hendler, Vipul Kashyap.

7 Referensi

[OWL 2 Conformance]
OWL 2 Web Ontology Language: Conformance Michael Smith, Ian Horrocks, Markus Krtzsch, Birte Glimm, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-conformance-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-conformance/.
[OWL 2 Direct Semantics]
OWL 2 Web Ontology Language: Direct Semantics Boris Motik, Peter F. Patel-Schneider, Bernardo Cuenca Grau, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-direct-semantics-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-direct-semantics/.
[OWL 2 Manchester Syntax]
OWL 2 Web Ontology Language: Manchester Syntax Matthew Horridge, Peter F. Patel-Schneider. W3C Working Group Note, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/NOTE-owl2-manchester-syntax-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-manchester-syntax/.
[OWL 2 New Features and Rationale]
OWL 2 Web Ontology Language: New Features and Rationale Christine Golbreich, Evan K. Wallace, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-new-features-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-new-features/.
[OWL 2 Primer]
OWL 2 Web Ontology Language: Primer Pascal Hitzler, Markus Krötzsch, Bijan Parsia, Peter F. Patel-Schneider, Sebastian Rudolph, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-primer-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-primer/.
[OWL 2 Profiles]
OWL 2 Web Ontology Language: Profiles Boris Motik, Bernardo Cuenca Grau, Ian Horrocks, Zhe Wu, Achille Fokoue, Carsten Lutz, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-profiles-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-profiles/.
[OWL 2 Quick Reference Guide]
OWL 2 Web Ontology Language: Quick Reference Guide Jie Bao, Elisa F. Kendall, Deborah L. McGuinness, Peter F. Patel-Schneider, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-quick-reference-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-quick-reference/.
[OWL 2 RDF Mapping]
OWL 2 Web Ontology Language: Mapping to RDF Graphs Peter F. Patel-Schneider, Boris Motik, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-mapping-to-rdf-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-mapping-to-rdf/.
[OWL 2 RDF-Based Semantics]
OWL 2 Web Ontology Language: RDF-Based Semantics Michael Schneider, editor. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-rdf-based-semantics-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-rdf-based-semantics/.
[OWL 2 Specification]
OWL 2 Web Ontology Language: Structural Specification and Functional-Style Syntax Boris Motik, Peter F. Patel-Schneider, Bijan Parsia, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-syntax-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-syntax/.
[OWL 2 XML Serialization]
OWL 2 Web Ontology Language: XML Serialization Boris Motik, Bijan Parsia, Peter F. Patel-Schneider, eds. W3C Recommendation, 27 October 2009, http://www.w3.org/TR/2009/REC-owl2-xml-serialization-20091027/. Latest version available at http://www.w3.org/TR/owl2-xml-serialization/.
[RDF Semantics]
RDF Semantics. Patrick Hayes, ed., W3C Recommendation, 10 February 2004, http://www.w3.org/TR/2004/REC-rdf-mt-20040210/. Latest version available as http://www.w3.org/TR/rdf-mt/.
[RDF Syntax]
RDF/XML Syntax Specification (Revised). Dave Beckett, ed. W3C Recommendation, 10 February 2004, http://www.w3.org/TR/2004/REC-rdf-syntax-grammar-20040210/. Latest version available as http://www.w3.org/TR/rdf-syntax-grammar/.
[Turtle]
Turtle - Terse RDF Triple Language. David Beckett and Tim Berners-Lee. W3C Team Submission, 14 January 2008, http://www.w3.org/TeamSubmission/2008/SUBM-turtle-20080114/. Latest version available at http://www.w3.org/TeamSubmission/turtle/.
[UML]
OMG Unified Modeling Language (OMG UML), Infrastructure, V2.1.2. Object Management Group, OMG Available Specification, November 2007, http://www.omg.org/spec/UML/2.1.2/Infrastructure/PDF/.